Tag Archive: cara membuat


Resep Daging:Iga Kambing Jagung Bakar Ala Mas Bejo, BEBERAPA menu bisa dihasilkan dari iga. Kalau Anda biasa mengolahnya menjadi sup iga, kini bahan yang sama bisa Anda sajikan dalam menu iga kambing jagung bakar.

Bahan:

750 gram iga kambing, siap pakai
Mayones siap pakai

Perendam:

250 ml saus tomat
Gula palem, cairkan
6 bh cabai gading atau cabai rawit kuning
2 sdm kecap asin
3 sdt paprika bubuk
1 sdt cabai bubuk
2 sdt tabasco
4 siung bawang putih, cincang halus

Jagung bakar:

2 bh jagung manis segar, belah dua
2 sdm minyak zaitun
100 gram mentega tawar, potong kasar
Garam secukupnya

Coleslow (sejenis salad):

4 lbr daun kol ungu, iris halus
1 bh wortel, serut
1 btr jeruk lemon, ambil air jeruknya

Cara Membuat:

1. Rebus iga dalam air mendidih selama 5 menit, untuk mengurangi lemaknya. Angkat. Tiriskan. Masukkan iga rebus ke dalam bumbu perendam, aduk rata. Masukkan dalam lemari pendingin 1 jam, sisihkan.

2. Bakar iga di atas bara api sambil balik sesekali dan oleskan sisa bumbu perendam sampai iga matang, angkat. Sisihkan.

3. Olesi seluruh sisi potongan jagung dengan minyak zaitun sampai rata. Letakkan potongan mentega di atas jagung, bakar jagung di atas bara api sambil dibalik sesekali sampai matang, angkat. Taburi dengan sedikit garam sampai rata. Sisihkan.


Resep Sushi:Udang Ebi Tempura Roll Ala Mas Bejo, aroma udang sangat khas dalam menu sushi yang satu ini bikin laper aja dengan perpaduan Krenyes renyah gurih bagian luarnya dan segar di bagian tengahnya. Inilah rasa sushi yang berisi ebi tempura. Dijamin Anda jadi ketagihan karena rasa uniknya.

Bahan:
3 buah tempura udang
30 g asparagus hijau, blansir
20 g mentimun hijau, potong memanjang
10 ml mayones botolan
100 g nasi sushi
15 ml spicy thousand island sauce
Lapisan:
keripik kentang memar
Pelengkap:
gari
wasabi
shoyu

Cara membuat:

Siapkan semua bahan-bahan.
Siapkan gulungan bambu. Ratakan nasi di atasnya.
Taruh tempura, mentimun, asparagus, mayones di salah satu sisinya.
Gulung dengan gulungan bambu hingga padat.
Taburi kelilingnya dengan keripik kentang hingga rata.
Potong menjadi 6 bagian.
Sajikan segera.
Untuk 1 gulung 6 iris/potong
SELAMAT MENCOBA!!


Tips- Cara Membuat Resep Mi Kuah Bayam spesial, Jika si kecil suka mie, coba sajikan mie kuah yang gurih-gurih enak ini. Kaldunya diberi potongan daging dan hati ayam dan dilengkapi dengan bayam. Potong kecil-kecil agar mudah dimakan oleh si kecil.

Bahan:
250 g mie telur basah/segar
Kuah:
1 sdm minyak sayur
1siung bawang putih, cincang halus
75 g daging ayam, iris kecil
2 buah hati ayam, iris kecil
750 ml kaldu ayam
75 g daun bayam/sawi, iris kecil
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
1 butir telur ayam, kocok lepas
Taburan:
2 sdm bawang merah goreng

Cara membuat:

* Tumis bawang putih hingga wangi.
* Masukkan daging dan hati ayam, aduk hingga kaku.
* Tuangi kalduk, didihkan.
* Masukkan bayam dan bumbu, didihkan.
* Masukkan mi, larutkan kanji dan telur kocok, aduk hingga kental.
* Angkat, sajikan panas.

Untuk 2 orang

Tips- Cara Membuat Pizza Tabur Jamur Ala Mas Bejo, Bosan menikmati pizza bertopping daging? Pizza tabur jamur dan jagung manis menjanjikan sensasi rasa yang berbeda. Ikuti petunjuk resep agar hasil pizza maksimal.
Siapa suka makan pizza? salah duanya adalah  kura-kura ninja dan saya . Sebulan sekali saya pasti merengek pada suami minta makan pizza. Paling sering makan pizza di restoran dengan logo berwarna merah itu, meskipun tidak jarang juga mencoba resotran pizza yang lain. Tapi lama-lama tekor juga menuruti keinginan saya tiap bulan itu. Setelah persenjataan dapur lumayan lengkap akhirnya diniatkan untuk mencoba membuat sendiri. Saya sudah cukup lama mengumpulkan resep-resep pizza dari majalah dan internet, dan tiba saatnya untuk mempraktekkan semua ilmu per-pizza-an yang pernah saya baca.

Bahan:
2 kg tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra kembar
30 g ragi instan/instan yesast
1100 ml air es
120 g olive oil/ minyak sayur
30 g bread improver/baker bonus/pengempuk roti
1sdt garam halus
15 g gula pasir
Topping:
500 g jagung manis kalengan/pipilan
250 g jamur kancing, potong-potong
150 g paprika merah, potong korek api
200 g bawang bombay, iris halus
200 g jamur kancing, iris halus
400 ml saus tomat
100 ml saus sambal
1 sdt daun bay leaf bubuk
2 sdt oregano bubuk
300 g keju mozzarella, potong-potong
Cara Membuat: 
Kulit:
1. Campur Tepung terigu, ragi instan, bread improver, garam dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan campuran tepung ke dalam mangkuk mixer roti. Aduk rata. Tambahkan air dan minyak goreng. Aduk dengan kecepatan gigi.
2 selama 10 menit atau hingga adonan kalis. Proses pengadukan bisa dilakukan secara manual dengan tangan hingga adonan kalis.
2. Bulatkan adonan, fermentasikan selama 30 menit. Kempeskan, potong dan timbang masing-masing adonan seberat 50 g. Bulatkan kembali dan fermentasikan selama 10 menit.
3. Giling adonan menjadi bentuk bulat tipis setebal ½ cm. Olesi permukaanya dengan saus tomat dan saus sambal. Taburi dengan bubuk oregano, bay leaf, jagung manis, paprika, jamur dan bawang bombay. Tutup atasnya dengan potongan keju mozzarella.
4. Panggang di dalam oven bertemperatur 250oC selama 10-15 menit atau hingga pizza matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, potong-potong. Hidangkan hangat.
Untuk 40 buah

Tips- Cara Membuat Masakan Ayam Goreng Cirebon Spesial, Disaat kerumah orang tua aku dikasih ayam satu, aku pikir mau ku apakan ya? O iya aku kepikiran dirumah aku punya buku masakan, ya tidak komplit sih tapi disitu kelihatannya ada resep ayam goreng cirebon yang sangat lezat. Sesampai dirumah aku buka dan ku baca lalu ku praktekkan, ehh…lupa beli bumbu dulu. O iya, kemudian aku berangkat kewarung terdekat dan aku beli bumbu-bumbu serta bahan pelengkap lainnya. Sesampai dirumah ayam tersebut di sembelih suamiku. Kemudian ku bersihkan semua baru mulai masak. Setelah matang aku hidangkan ayam goreng cirebon ketika masih hangat dengan nasi putih hangat, sambal, lalapan dan minumnya teh hangat. Wah cocok banget pas waktu itu hujan tidak reda-reda, hidangannya serba hangat…..mantap.

Bahan :
– 1 ekor ayam negri, potong 8 bagian –
– 150 gram lengkuas, parut –
– 2 lembar daun salam –
– 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan –
– 1 sdm air asam jawa (dari 1 sdm asam jawa dan 3 sdm air) –
– 300 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa –
– Minyak untuk menggoreng –

Bumbu halus :
– 10 butir bawang merah –
– 4 siung bawang putih –
– 5 butir kemir –
– 3 cm kunyit bakar –
– 2 cm jahe –
– 1 sdm ketumbar –
– 1 sdm garam –
– 1 sdt gula merah sisir –

Cara membuat :
1. Campur ayam, bumbu halus, lengkuas, daun salam, serai dan air asam jawa. Aduk rata. Tuang santan encer. Masak sampai merah dan kuah mengering.
2. Goreng ayam dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
3. Goreng juda sisa bumbu rebusan dampai matang.
4. Sajikan ayam dengan taburan bumbunya.

Tips :
Goreng sisa bumbu secara terpisah agar bumbu tidak hangus.

Untuk 8 poton
SELAMAT MENCOBA!!!

tips- cara membuat bakso keju ala mas bejo, Semua orang pasti tahu dan tak asing lagi dengan menu kuliner bakso. Menu makanan yang terbuat dari daging cincang dan berbentuk bulat seperti bola ini menjadi salah satu menu favorit semua kalangan, mulai dari warga kecil, kelas menengah hingga kalangan atas seperti Presiden Barrack Obama pun menggemari menu makanan yang satu ini.

Hmmm… sore-sore makan bakso keju duh… lezat banget. Tapi bagaimana jika Anda sendiri yang memasak bakso keju tersebut. Pasti merupakan pengalaman baru dan dijamin seru.berikut cara membuat bakso keju ;

Bahan Bakso:

250 g daging sapi, giling sampai halus sekali
125 g tepung kanji
25 ml air es
1/2 sdm garam
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt merica bubuk
100 g keju, potong dadu

Kuah:

750 ml kaldu sapi
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam (secukupnya)
1 btg daun bawang, iris tipis

Cara Membuat:

Membuat bakso: Campur daging sapi giling dengan tepung kanji, garam, bawang putih, dan merica bubuk, uleni sambil ditambah air sedikit-sedikit sampai adonan licin. Kepal adonan, isi dengan keju, tekan hingga keluar dari genggaman. Angkat dengan sendok dan masukkan ke dalam air mendidih, rebus kira-kira 10 menit. Jaga jangan sampai air bergolak agar bakso tidak pecah.
Membuat kuah ayam: Didihkan kaldu ayam, masukkan merica bubuk dan garam, aduk rata, lalu masukkan bakso, didihkan kembali, angkat dari api, taburi dengan daun bawang.
Sajikan hangat.

Untuk 6 porsi

Bakso keju ini enaknya dimakan pas lagi panas2nya… hm… kejunya pake keju cheddar.. mungkin lebih mak nyus kalo pake mozarella yah..
selamat mencoba!!!

tips- cara membuat bebek masak kering ala mas bejo, Olahan dari bebek memang beraneka ragam, salah satunya bebek masak kering, cara pembuatannya mudah dan yang pasti rasanya mantap !!!!

Cara membuatnya pun hampir sama seperti bebek goreng pada umumnya, slamat mencoba….

Bahan:

1. 700 gram, daging bebek tanpa tulang, potong-potong memanjang
2. Minyak untuk menggoreng
3. 6 butir bawang merah, iris tipis
4. 4 siung bawang putih, iris tipis
5. 1 sdm terasi udang
6. 6 buah cabai rawit, iris tipis
7. 3 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris halus
8. 2 lembar daun salam
9. 4 lembar daun jeruk
10. 3 cm lengkuas, memarkan
11. Minyak goreng secukupnya
12. 1 sdt merica
13. 1 sdt kaldu
14. ½ sdt gula pasir
15. 1 sdt garam
16. Penyedap secukupnya

Cara Membuat Resep Masakan Bebek Masak Kering:

1. Panaskan minyak dalam wajan, goreng bebek sampai kering, angkat, tiriskan
2. Goreng bawang merah dan bawang putih, secara terpisah. Angkat, tiriskan
3. Tumis terasi sampai harum. masukkan daging bebek, tambahkan bawang merah goreng dan bawang putih goreng, cabai merah, cabai rawit, daun salam, daun jeruk, lengkuas.
4. Beri merica, kaldu instan, gula pasir, garam dan penyedap. Aduk sampai matang, angkat